Jumat, 19 November 2010

sinar X dan sinar gamma

Sinar-X dan sinar gamma hanya berbeda dalam sumber asal mereka. Sinar-X dihasilkan oleh generator x-ray dan radiasi gamma adalah produk dari atom radioaktif. Mereka berdua bagian dari spektrum elektromagnetik. Mereka adalah bentuk gelombang, seperti juga sinar cahaya, gelombang mikro, dan gelombang radio. Sinar-X dan sinar gamma tidak bisa terlihat, terasa, atau mendengar. Mereka memiliki ada biaya dan massa tidak dan, oleh karena itu, tidak dipengaruhi oleh medan listrik dan magnet dan umumnya akan melakukan perjalanan di garis lurus. Namun, mereka dapat difraksi (bengkok) dalam cara yang mirip dengan cahaya.

Kedua sinar-X dan sinar gamma dapat ditandai dengan frekuensi, panjang gelombang, dan kecepatan. Namun, mereka bertindak agak seperti sebuah partikel pada saat-saat di mana mereka terjadi sebagai kecil "paket" energi dan disebut sebagai "foton." Radiasi elektromagnetik juga telah dijelaskan dalam hal aliran foton (partikel tak bermassa) setiap perjalanan dalam pola seperti gelombang dan bergerak pada kecepatan cahaya.

Setiap foton mengandung sejumlah tertentu (atau bundel) energi, dan semua radiasi elektromagnetik terdiri dari foton. Satu-satunya perbedaan antara berbagai jenis radiasi elektromagnetik adalah jumlah energi yang ditemukan di foton. Karena panjang gelombang pendek mereka memiliki lebih banyak energi untuk melewati masalah daripada bentuk energi lainnya dalam spektrum elektromagnetik. Ketika mereka melewati masalah, mereka tercerai-berai dan diserap dan tingkat penetrasi tergantung pada jenis materi dan energi dari sinar.

Properties X-Rays dan Sinar Gamma

    * Mereka tidak terdeteksi oleh indera manusia (tidak bisa dilihat, mendengar, merasakan, dll).
    * Mereka perjalanan di garis lurus dengan kecepatan cahaya.
    * Jalan mereka tidak dapat diubah oleh medan listrik atau magnet.
    * Mereka dapat terdifraksi ke tingkat kecil di antarmuka antara dua bahan yang berbeda.
    * Mereka melewati materi sampai mereka memiliki kesempatan pertemuan dengan partikel atom.
    * Tingkat penetrasi mereka bergantung pada energi mereka dan masalah mereka bepergian melalui.
    * Mereka memiliki cukup energi untuk mengionisasi materi dan dapat merusak atau menghancurkan sel-sel hidup.


X-ray hanya seperti jenis lain dari radiasi elektromagnetik. Mereka dapat diproduksi dalam bidang energi yang disebut foton, seperti cahaya. Ada dua proses atom yang berbeda yang dapat menghasilkan foton sinar-X. Salah satunya adalah disebut Bremsstrahlung dan merupakan istilah bahasa Jerman yang berarti "radiasi pengereman." Yang lain disebut emisi K-shell. Mereka bisa baik terjadi dalam atom berat tungsten. Tungsten sering menjadi bahan yang dipilih untuk target atau anoda tabung x-ray.

Kedua cara untuk membuat sinar-X melibatkan perubahan di negara bagian elektron. Namun, Bremsstrahlung lebih mudah untuk memahami menggunakan gagasan klasik bahwa radiasi yang dipancarkan ketika kecepatan tembakan elektron pada perubahan tungsten. Elektron bermuatan negatif melambat setelah berayun di sekitar inti atom tungsten bermuatan positif. Kehilangan energi ini menghasilkan X-radiasi. Elektron tersebar elastis dan inelastic oleh inti bermuatan positif. Elektron inelastic tersebar kehilangan energi, yang muncul sebagai Bremsstrahlung. Elastis elektron tersebar (termasuk backscattered elektron) biasanya tersebar melalui sudut yang lebih besar. Dalam interaksi, foton banyak dari panjang gelombang yang berbeda yang dihasilkan, tetapi tidak ada foton memiliki lebih banyak energi dari elektron harus mulai dengan. Setelah memancarkan spektrum radiasi sinar-X, elektron asli diperlambat atau berhenti. 

 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar